Rabu, 06 Mei 2020

Syarat Studi di Jerman - Bahasa

Sebelumnya sudah dibahas tentang syarat akademis yang diperlukan untuk bisa studi di Jerman. Nah, kali ini akan kami bahas syarat kemampuan bahasa yang diperlukan untuk kalian bisa melanjutkan studi di Jerman. 

Uni Eropa saat ini sudah menerapkan standardisasi bahasa-bahasa di setiap negara Eropa atau yang istilahnya disebut dengan Gemeinsamer Europaeischer Referenzrahmen (GER) fuer Sprachen, termasuk tentunya bahasa Jerman. Level-level yang mereka tetapkan adalah: 
A (1/2) = tingkat dasar,
B (1/2) = tingkat menengah, dan 
C (1/2) = tingkat lanjut. 

Kira-kira di level mana kemampuan yang harus dimiliki untuk bisa studi di Jerman? 
Jika kalian sebut  level C (1/2), kalian betul banget. Untuk bisa studi di Jerman, kemampuan bahasa Jerman yang sangat mumpuni memang sangat dibutuhkan, karena hampir seluruh jurusan-jurusan yang ada disana berbahasa pengantar bahasa Jerman. 


Trus, apa untuk bisa mendaftar dan mengikuti pendidikan di Studienkolleg juga harus punya kemampuan di level C (1/2)? 

Untuk mereka yang HARUS mengenyam pendidikan di Studienkolleg sebelum bisa masuk ke Universitas, hanya disyaratkan mempunyai kemampuan Bahasa Jerman di level B1 atau B2. Kemampuan B2 tetapi SANGAT DISARANKAN. Kenapa? Karena saat ini, hampir semua Studienkolleg sudah mensyaratkan kemampuan B2 agar calon mahasiswa dapat mengikuti Aufnahmetest (Ujian Penerimaan). Jika pun masih ada yang cukup dengan B1, bisa dibilang mungkin sulit untuk lulus pada ujian tersebut, karena tingkat kesulitan soalnya berada pada level B2. 
So, tetap semangat terus belajar Bahasa Jerman nya ya..


Bagi kalian yang tidak perlu mengikuti pendidikan di sebuah Studienkolleg, seperti pemegang Ijazah GCE A-Level, IB-Diplom (International Baccalaureat Diploma) atau melanjutkan studi Master yang berbahasa pengantar Jerman, tentu kemampuan di level C1 atau C2 harus dimiliki dan dapat dibuktikan. 


Apakah sertifikat Bahasa Jerman dari seluruh sekolah/lembaga bahasa diterima? 
Hanya sertifikat Bahasa Jerman tertentu dan dari lembaga tertentu saja yang bisa diterima oleh mereka. Berikut sertifikat yang mereka terima dan diakui secara international. 
  • Sertifikat dari Goethe Institut,
  • Test-DaF (Test fuer Deutsch als Fremdsprache),
  • DSH (Deutsche Sprachpruefung fuer den Hochschulzugang), atau
  •  Sertifikat dari telc. 

Akan tetapi untuk kalian yang harus menempuh Studienkolleg lebih dahulu masih ada kesempatan jika kalian belum punya salah satu dari sertifikat tersebut. Sampai saat ini masih banyak juga Studienkolleg yang mau menerima sertifikat dari sebuah lembaga Bahasa, khususnya sekolah bahasa di Jerman, misalnya Serttifikat Bahasa Jerman dari UNS. 
Salah satu alasannya karena kalian nanti toh tetap harus mengikuti ujian masuk sebelum bisa belajar di Studienkolleg. 


Kalau ingin ambil program Master yang pengantarnya Bahasa Inggris? 

Untuk International Program, khususnya Master, bukti kemampuan Bahasa Jerman tidak diperlukan. Kalian hanya perlu menunjukan bukti kemampuan Bahasa Inggris, 
  • IELTS, score minimal 6,0 atau 
  • TOEFL (pBT / iBT). 
Umumnya yang digunakan adalah IELTS. Tapi kalian bisa lihat juga di persyaratan pendaftaran di setiap Univ nya. 

Kemampuan Bahasa Jerman level A1/A2 juga terkadang ada Univ yang mensyaratkannya. Jikapun tidak tetapi kalian sudah "terlanjur" belajar Bahasa Jerman, kemampuan ini bisa jadi pertimbangan dan nilai Plus. Saat bersosialisasi juga kemampuan berbahasa Jerman juga sangat diperlukan lho. 

So, ga rugi deh belajar bahasa. Kalian juga bisa kontak kami lho jika berminta belajar Bahasa Jerman. Semangat terus dan yang rajin ya belajar nya. 


AM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar